HOME

Jumat, 12 Mei 2023

MATIC VS BEBEK? MANAKAH YANG LEBIH NYAMAN?

        Sepeda motor pada masa sekarang sudah menjadi kebutuhan yang mungkin bisa disetarakan dengan tiga kebutuhan primer manusia (pangan, sandang, papan). Sepeda motor sendiri sudah melalui banyak pengembangan dan perubahan, mulai dari mesin hingga atribut berupa aksesoris yang dirasa menunjang peforma motor itu sendiri. Berkat kemajuan zaman, manusia kemudian mencoba berinovasi dengan membuat motor matic. Sebuah motor yang tanpa perlu melakukan pergantian transmisi dalam menambah kecepatan, sebuah motor yang tidak perlu khawatir akan kotornya rantai karena terkena debu, sebuah motor yang efisiensi penggunaannya sangat ramah untuk ibu-ibu kompleks -walaupun terkadang ibu-ibu kompleknya yang gatau diri makenya- dan untuk mereka yang baru belajar menggunakan motor. Sebab itu, admin akan mencoba mengulik walaupun tidak sedalam para akademisi, tentang motor matic dan juga motor bertransmisi, dalam hal ini motor bebek.

Otomatis vs Manual: Sebuah Keinginan atau Kebutuhan?

    Saat memiliih sepeda motor, para calon pembeli biasanya akan dihadapkan dua pilihan dan dua pertanyaan. Dalam hal pilihan, apakah akan memilih transmisi manual atau otomatis, sedangkan dalam hal pertanyaan, "Saya ingin motor jenis ini, tapi apakah itu yang saya butuhkan?" dan "Saya butuh motor jenis ini, tapi apakah itu yang saya inginkan?". Hal-hal semacam ini tidak jarang mengganggu para calon pembeli motor yang awalnya sudah "oke, saya beli motor jenis ini" lalu harus merenung kembali dan menimbang ulang pilihannya. 

    Secara singkat, transmisi otomatis tidak memerlukan masukan dari pengendara saat mengatur rasio roda gigi. Cukup putar throttle dan transmisi Anda akan memastikan mesin dan roda sinkron dengan kecepatan yang Anda inginkan, yang seringkali berbentuk Continuously Variable Transmissions (CVT) atau Dual Clutch Transmissions (DCT). Transmisi manual, di sisi lain, membutuhkan masukan dari pengendara untuk menambah kecepatan atau memperlambat. Transmisi manual memanfaatkan operasi kopling dan gearbox berurutan, yang naik dan turun gigi dalam urutan atau urutan tertentu, tidak seperti transmisi mobil yang memungkinkan Anda melewati persneling dan berpindah ke persneling yang diinginkan dalam satu gerakan cepat.

    Sementara banyak diluar sana berpendapat bahwa satu jenis lebih baik dari yang lain, admin menemukan bahwa kedua jenis transmisi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bergantung pada penggunaan dan pengalaman berkendara yang diinginkan, satu jenis transmisi mungkin lebih cocok untuk perjalanan bagi beberapa orang. Jika ingin tahu mana yang mungkin lebih baik, berikut adalah beberapa pro dan kontra dari transmisi otomatis dan manual.

  • PENGALAMAN BERKENDARA

Saat memilih antara transmisi otomatis atau manual, perbedaan terbesar dalam pengalaman berkendara adalah seberapa aktif pengendara saat menggunakan rasio roda gigi. Rasio gigi pendek paling baik untuk lalu lintas berhenti-dan-pergi, manuver kecepatan lambat, dan situasi serupa lainnya. Sebaliknya, rasio roda gigi yang panjang diinginkan untuk bentangan panjang di jalan raya yang memerlukan perpindahan gigi minimal. Perpaduan keduanya akan paling diinginkan untuk pengendaraan yang bersemangat dan pengendaraan serba guna. Terlepas dari penggunaan Anda, transmisi manual akan selalu membutuhkan masukan dari pengendara untuk mengganti persneling, sedangkan transmisi otomatis tidak. 

Ini mungkin mengapa banyak pengendara bersumpah dengan transmisi otomatis. Hanya ada satu hal yang perlu dipikirkan, dan pengendara dapat fokus pada perjalanan – sudut pandang yang sangat praktis. Di sisi lain, transmisi manual membutuhkan perhatian dan keterlibatan dari pengendara, yang menjadi alasan utama mengapa pengendara menyukai jenis transmisi ini. Ini memberikan pengendaraan yang sangat menarik dengan sepeda motor Anda, dan pengendara merasa lebih terhubung dengan mesin dan jalan. Jika kepraktisan dan kemudahan penggunaan ada dalam daftar Anda meskipun ada pengorbanan untuk keterlibatan dengan sepeda, Anda mungkin lebih memilih transmisi otomatis. Jika pengendaraan aktif adalah prioritas Anda terlepas dari kepraktisan dan kemudahan penggunaan, transmisi manual mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • KEMUDAHAAN DALAM BEPERGIAN
Saat melakukan perjalanan melewati perkotaan yang begitu padat, hal yang sering disematkan pada motor tentu kepraktisannya saat dipakai. Ketika ini terlintas, motor dengan transmisi otomatis tentu menjadi pilihan utama untuk mengarungi perkotaan yang begitu padat. Yamaha NMAX, Honda PCX, ataupun SUZUKI BURGMAN BS6 adalah pilihan motor transmisi otomatis yang tengah naik daun di pasaran. Tidak perlu mengganti transmisi gigi, tidak perlu steady untuk kopling pada tangan kiri, maupun perawatan untuk rantai motor yang sering kotor karena medan yang dilewati adalah beberapa hal yang tidak perlu dipusingkan oleh para pengguna motor transmisi otomatis. Transmisi otomatis sangat bagus untuk perjalanan karena memungkinkan pengendara untuk duduk santai dan mengatur perjalanan yang penuh tekanan, meminimalkan kebutuhan upaya tambahan untuk mengoperasikan transmisi. Transmisi otomatis adalah yang paling mudah dioperasikan saat melakukan perjalanan, justru karena hampir tidak diperlukan operasi untuk memulai.
Transmisi manual, di sisi lain, memerlukan sedikit perhatian lebih saat harus bepergian melalui lalu lintas. Pengendara seringkali perlu mengatur kopling melalui lalu lintas stop-and-go untuk mencegah kemacetan. Selain itu, beralih antara yang pertama dan kedua adalah tugas lain bagi pengguna transmisi manual. Memang ada sedikit tenaga lebih saat menggunakan sepeda motor bertransmisi manual untuk bepergian, namun hal itu tidak menghentikan pengendara untuk melakukan hal itu. Tanyakan kepada pengguna transmisi manual mana pun, dan Anda akan menemukan bahwa mengoperasikan kopling dan pemindah gigi adalah sesuatu yang alami bagi pengendara setelah beberapa saat digunakan. Anda mungkin harus melalui kurva belajar, tetapi pada akhirnya, itu akan menjadi kebiasaan untuk beroperasi.
 
  • KONSUMSI BAHAN BAKAR MINYAK
Dari segi bahan bakar, motor transmisi manual menjadi juara dari jenis-jenis lain. Sebagai contoh, Vario Techno 125 dapat menempuh jarak sepanjang 52,1 km dengan satu liter bensin, sementara Honda Supra X 125 PGM-FI mencapai 56,1 km. Motor transmisi otomatis memakan konsumsi BBM lebih banyak dibanding motor manual lantaran perputaran transmisi terjadi secara otomatis, sehingga kerja mesin seperti dipaksakan. Berbeda dengan motor manual, jika tarikan terasa kurang, pengendara dapat menurunkan atau mengoper gigi untuk memperbesar torsi.
  • TOURING DAN ADVENTURE RIDING
Sementara pro dan kontra dari transmisi manual vs transmisi otomatis lebih jelas untuk perjalanan dan pengendaraan yang bersemangat, tur dan pengendaraan petualangan adalah di mana garis menjadi sedikit lebih kabur. Jika Anda akan mendapatkan sepeda motor untuk salah satu dari dua gaya berkendara, itu mungkin tergantung pada preferensi Anda sendiri sebagai pengendara, karena kedua jenis transmisi dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa mengorbankan kepraktisan, kenyamanan, kemudahan. penggunaan, dan keterlibatan pengendara. Perjalanan wisata sering kali membawa sepeda motor Anda menempuh jarak berkilo-kilo di jalan raya. Dalam sebuah tur, pengendara menghabiskan banyak waktu di jalan yang panjang dengan beberapa bagian pendek dari area lambat di antaranya. Karena itu, pengendara sering menuntut rasio gigi yang panjang dari transmisi, dengan rasio gigi minimal yang berpindah di antaranya.  
 
Dengan demikian, memilih antara transmisi manual atau transmisi otomatis akan memiliki sedikit perbedaan. Sepeda motor manual akan menghabiskan banyak waktu pada gigi 5 atau 6, dan sepeda motor otomatis akan stabil pada rasio gigi tertentu dan input throttle. Pada titik ini, mungkin lebih baik memilih sepeda motor yang memiliki fitur dan ergonomis yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Wahana petualangan mirip dengan pengendara touring tetapi sering melewati bagian jalan tanah di antaranya. Jika jalur tanah yang Anda lalui padat dan tidak terlalu teknis, input throttle yang stabil pada satu gigi akan membantu Anda melewatinya – meminimalkan input yang tiba-tiba dan tersentak-sentak adalah teknik yang aman untuk berkendara off-road.  
 
Dalam hal ini, kesimpulan yang sama dari perjalanan wisata juga akan berlaku untuk perjalanan petualangan. Satu-satunya saat Anda harus mempertimbangkan sepeda motor manual daripada otomatis adalah jika Anda ingin memulai gaya berkendara petualangan yang lebih teknis, di mana diperlukan input yang bervariasi namun tepat dari pengendaraan.
  • AKHIR KATA
Pada akhirnya, transmisi manual dan otomatis akan paling cocok untuk pengendara yang menginginkan jenis pengalaman berkendara tertentu untuk jenis gaya berkendara tertentu. Tidak ada jawaban satu ukuran untuk semua untuk topik yang sangat diperdebatkan ini, dan transmisi sepeda motor yang paling cocok untuk Anda akan bergantung pada banyak faktor pribadi yang harus Anda pertimbangkan. Secara umum, transmisi manual memberikan pengendaraan yang lebih menarik tetapi membutuhkan lebih banyak perhatian dan usaha dari pengendara. Transmisi otomatis memungkinkan Anda untuk sedikit lebih fokus pada perjalanan tetapi kadang-kadang bisa terasa sedikit robot. Meskipun ini benar, pengendara mungkin juga memiliki preferensi dan pengalaman pribadi mereka sendiri yang membuat mereka memilih satu dari yang lain, terlepas dari kekurangan masing-masing.  
 

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk mencoba sebanyak mungkin jenis sepeda motor untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mungkin Anda sukai dan tidak sukai serta menghasilkan kesimpulan yang tepat yang paling cocok untuk Anda sebagai pengendara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar