HOME

Jumat, 02 Juni 2023

PENTINGNYA MERAWAT KARBURATOR

    Seperti postingan sebelumnya tentang karburator, kali ini admin akan berbagi informasi mengenai apa yang akan terjadi jika karburator kita menjadi kotor. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika Mesin motor yang menggunakan karburator masih banyak beredar di pasar motor indonesia. Karburator sudah lama ada didunia motor sebelum kedatangan mesin Fuel Injection.  Untuk menjaga karburator agar tetap bekerja secara maksimal, kita harus selalu mengecek bagian pernafasan yang ada di karburator.

    Karena menjaga tekanan udara di ruang bahan bakar adalah fungsi dari saluran pernapasan di karburator. Karburator kotor adalah salah satu gangguan yang biasa dialami oleh karburator.  Tentunya jika karburator motor kita kotor, akan berakibat buruk bagi motor kita.  Lalu apa saja sih dampak dari karburator motor yang kotor terhadap performa motor?

Motor Menjadi Tersendat-Sendat

Jika karburator motor terlalu kotor maka dampaknya adalah motor kita akan terasa tersendat-sendat dan mesin juga bisa tiba-tiba mati.  Sebelum dialirkan ke ruang bahan bakar, pencampuran udara dan bahan bakar akan terjadi didalam karburator.

Apabila karburator motor terlalu kotor maka campuran bahan bakar dan udara akan mengandung kotoran yang akan terbawa hingga ke ruang bakar. Berakibat, motor tersendat-sendat dan mesin mati. Maka dari itu, anda harus selalu merawat motor anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Penyebab Karburator Motor Kotor

Karburator motor adalah perangkat dalam motor yang mudah sekali kotor, seiring dengan berjalannya waktu pasti karburator motor akan mengalami yang namanya kotor ini. Oleh sebab itu kita harus rutin melakukan pengecekan dan juga pembersihan pada karburator motor tersebut agar tidak terlambat.

Jika kita terlambat membersihkan karburator motor yang kotor maka resikonya ya seperti yang sudah saya sampaikan diatas. Motor bisa menjadi tersendat-sendat, tidak bisa berjalan cepat dan yang paling parah adalah bisa menyebabkan mogok. Tentu saja anda tidak ingin mengalami hal seperti itu kan?

Lantas, kenapa karburator motor bisa kotor? Apa penyebab nya? ada beberapa penyebab karburator motor menjadi kotor. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa penyebab dari karburator motor yang kotor.

Pengaruh Tingkat Kelenturan Pegas

Penyebab karburator motor jadi kotor yang pertama adalah dikarenakan tingkat kelenturan pegas yang menurun akibat bertambahnya usia atau terlalu sering bongkar pasang karburator dengan tidak tepat yang memudahkan kotoran masuk.

Untuk itu tadi saya menyarankan agar jika anda masih ragu-ragu ingin membersihkan karburator motor sendiri, sebaiknya biarkan diserahkan pada yang ahlinya saja.

Tumpukan Kotoran Pada Klep Motor

Karburator motor menjadi kotor bisa saja karena tumpukan kotoran klep motor. Kotoran yang menumpuk dan jarang dibersihkan menyebabkan klep tidak bisa ditarik secara maksimal yang akan mengakibatkan seret ketika menarik tuas gas.

Ketika membersihkan klep, kita harus berhati-hati karena jika tidak benar maka posisi pegas akan tergeser yang akan membuat kegagalan fatal pada proses kinerja mesin. 

Gunakan cairan khusus untuk membersihkan klep agar kotoran yang ada bisa terangkat dan hilang semua. Hal yang terakhir karena ada kebocoran dalam komponen karburator.  Kebocoran pada piranti membran ini dikarenakan terlalu sering mengotak-atik karburator dan melakukannya dengan tidak hati-hati.

Yang menjadi point penting adalah, kita harus selalu berhati-hati ketika ingin membongkar karburator motor. Karena, jika kita salah sedikit pun akan mengakibatkan karburator menjadi kotor yang diakibatkan oleh kotoran yang mudah masuk.

Kurang lebihnya seperti itulah penjelasan mengenai apa yang akan terjadi jika karburator motor kita kotor. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar