HOME

Rabu, 21 Juni 2023

15 MOTOR MATIC TERBAIK TAHUN 2022

Meningkatnya persaingan sepeda motor matic di Indonesia membuat banyak perusahaan semakin gencar menawarkan produk berkualitas dengan fitur lengkap dan bisa diandalkan sebagai kendaraan harian masyarakat.

Dari sekian banyak tipe motor matic yang beredar dipasaran, tentu membuat kita bingung untuk memilih yang terbaik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah motor matic dikatakan sebagai yang terbaik.

Seperti faktor keiritan bahan bakar, fitur yang diberikan, hingga performa mesinnya yang bandel. Karena perpaduan semua itu akan memberikan kenyamanan tak terkira bagi para penggunanya.

 

1. HONDA BeAT

Motor matic terbaik yang pertama adalah Honda BeAT, yang banyak digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Motor berkapasitas 110cc ini sering dikampanyekan sebagai motor anak muda, namun juga masih cocok untuk dipakai keluarga.

Motor matic ini hadir dengan dua model, yakni CBS dan CBS-ISS yang diklaim konsumsi BBM mencapai 60,6 km/liter. Beragam fitur lain yang ditawarkan adalah bagasi dan tangki bensin yang lebih besar, yakni 12 liter. Mesin baru, lampu depan LED, hingga power socket outlet. 

Rentang Harga: Rp15,8 juta – 26,65 juta

 

2. HONDA BeAT Street

Seolah ingin memberikan penawaran dengan spesifikasi yang lebih menarik, Honda kembali merilis generasi baru dari All New Honda Beat yang memiliki rangka baru eSAF. Rangka baru ini diklaim dapat memberikan kemampuan manuver optimal untuk penggunaan sehari-hari. 

Dari sisi performa generasi baru ini memiliki mesin 110cc terbaru dengan performa yang lebih unggul dan irit bahan bakar. Tampilannya tampak lebih proporsional dengan pengadopsian stang tanpa batok.

Selain itu, penempatan stang yang sedikit lebih tinggi dan lebar juga ikut mempengaruhi posisi duduk saat menyetir. Honda BeAT Street juga memiliki handling yang lebih enteng dibanding series lainnya. 

Rentang Harga: Mulai dari Rp 17,65 juta

 

3. HONDA SCOOPY


Jika kamu ingin punya motor vespa, tapi kesulitan untuk mengendarainya, Honda Scoopy bisa menjadi jalan alternatif lainnya. Berbeda dengan motor matic keluaran Honda lainnya, sepeda motor ini mengusung gaya retro dengan desain stylish dan elegan.

Ia juga menawarkan konsumsi bahan bakar yang irit dan telah mengadopsi lampu LED. Ada pula fitur Power Charger dan Idling Stop System. Motor ini sangat cocok digunakan oleh perempuan yang akan membuat tampilan berkendara semakin terlihat lebih anggun dan berkelas. 

Rentang Harga: Rp 20,52 juta – Rp 21,32 juta

 

4. SUZUKI NEX II

Suzuki Nex II adalah salah satu motor matic dari seri Suzuki Nex yang merupakan skutik entry level dari Suzuki dengan mengandalkan mesin 110 cc dan transmisi CVT. Motor matic terbaik satu ini telah dilengkapi mesin 1 silinder dengan sistem 4 langkah dengan kapasitas 113cc.

Selain itu, motor matic terbaik dari Suzuki ini juga telah dibekali dengan fitur yang beragam. Di antaranya seperti headlamp LED, USB Charger, dan mesin berteknologi injeksi. 

Rentang Harga: Rp 16,1 juta – Rp 16,9 juta


5. YAMAHA FINO 125

Salah satu motor matic terbaik miliki Yamaha adalah Yamaha Fino 125. Sepeda motor jenis skuter ini hadir dengan dua pilihan warna matte yang lebih stylish.

Yamaha Fino 125 termasuk salah satu motor matic 125cc terbaik dengan fitur yang cukup mumpuni, seperti fitur Eco Indicator dan Blue Core yang membuat penggunaan bahan bakar motor ini menjadi lebih irit dan hemat.

Keunggulan lainnya adalah memiliki fitur keyless lengkap dengan answer back system yang biasanya hanya ada di varian tertinggi, S ABS. Motor ini juga telah memiliki smart lock dan stand side switch.

Rentang Harga: Rp 19,58 juta – Rp 20,72 juta

 

6. HONDA VARIO 160

Motor matic terbaik 160cc selanjutnya adalah Honda Vario 160 yang merupakan salah satu motor terlaris di PT. Astra Honda Motor.

Spesifikasi yang ditawarkan juga mumpuni untuk digunakan di jalanan perkotaan sebagai kendaraan harian. Kapasitas mesin 160cc mampu mengail tenaga sebesar 11,3 Kw di 8500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 7000 rpm, sehingga sangat wajar bila Honda Vario 160 termasuk salah satu motor matic terbaik yang ada di pasaran.

Kecepatan maksimalnya yang dapat mencapai hingga 128 km/jam, menjadikan Vario 160 sebagai motor matic tercepat di Indonesia. Menariknya lagi, produsen mengklaim bahwa Honda Vario 160 mampu menempuh 46,9 km untuk tiap 1 liter bensinnya.

Rentang Harga: Rp 27,3 juta – Rp 30,8 juta

 

7. YAMAHA X-RIDE 125

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa motor matic hanya lebih cocok digunakan oleh para wanita karena tampilannya yang ramping dan terkesan feminim. Namun, ternyata tidak selamanya anggapan itu benar, lho! Dan, sepertinya penilaian itu sudah tidak lagi relevan di masa sekarang.

Yamaha meluncurkan Yamaha X-Ride 125 dengan tampilan yang gagah dan cocok untuk digunakan siapa saja, baik wanita maupun pria. Motor ini juga sangat cocok digunakan sebagai motor adventure yang dipersiapkan untuk melewati medan berat.

Menariknya, motor ini telah dilengkapi kapasitas mesin 125cc dengan teknologi Blue Core, serta dibekali fitur lampu Hazard dan lampu depan LED dengan Daytime Running Light (DRL). Bisa dibilang, motor matic terbaik ini serbaguna dan cocok digunakan sebagai kendaraan harian atau berpetualang. 

Rentang Harga: Mulai dari Rp 18,69 juta

 

8. YAMAHA LEXI 125

Yamaha Lexi 125 adalah termasuk segmen entry level keluarga Yamaha Maxi yang telah hadir dengan tampilan baru dengan warna dan desain grafis baru yang sporty.

Motor matic ini menyediakan Electric Power Socket untuk mengisi daya smartphone dengan nyaman. Selain itu, Yamaha Lexi 125 ini telah memiliki fitur Smart Key System (SKS) agar kamu bisa mengakses motor tanpa anak kunci.

Motor matic terbaik ini juga sudah berteknologi Smart Motor Generator (SMG) yang mana starter motor tidak lagi bikin tetangga terjaga karena suaranya yang lembut. Fitur menarik lainnya dengan adanya Start Stop System akan otomatis mematikan kendaraan saat berhenti di kepadatan lalu lintas.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 21,3 juta


9. HONDA ADV 160

Beralih pada motor matic terbaik 160cc, Honda ADV 160 dipasarkan dengan pilihan dua tipe yaitu ABS dan CBS. Honda ADV 160 memiliki desain yang terinspirasi dari X-ADV berkapasitas 745cc, dengan bodi yang tajam dan berotot sehingga tampak lebih futuristik dan modern.

Dengan tampilan bodi yang seperti ini akan memberi kesan manly yang tampak mencolok dari tiap sisi bodi pada skutik premium ini. Di bagian atas lampu utama juga telah dilengkapi windscreen yang sangat fleksibel karena memiliki dua posisi ketinggian yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna.

Selain itu, penggunaan jok berlekuk juga memberi kesan sporty yang kuat dan bertujuan untuk memberikan posisi duduk yang lebih human-friendly.

Rentang Harga: Rp 36 juta – Rp 39,25 juta

10. YAMAHA AEROX 155

 

Aerox 155 memang dirancang sebagai sebuah Maxi Skuter yang memiliki bodi besar dan desain lebih sporty yang sangat cocok untuk anak muda. Motor matic ini tersedia dari tiga varian dengan spesifikasi yang berbeda. Yaitu Yamaha Aerox 155 Standar, R-Version, dan S-Version.

Ketiga varian tersebut sama-sama berkapasitas 155cc yang berteknologi VVA dan Blue Core. Mesin yang dipakai juga mampu mengeluarkan tenaga hingga 110.0 kw pada 8.000 rpm dan torsi mencapai 13.8 Nm pada 6.250 rpm.

Rentang Harga: Rp 24,8 juta – Rp 28,56 juta

 

11. YAMAHA NMAX 155

Motor matic terbaik 2021 berikutnya adalah Yamaha NMAX 155 yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena desainnya yang besar dan gagah, serta tampak sporty. Ia hadir dengan dua pilihan varian yaitu ABS dan Non ABS. Bertenaga 155cc yang telah dilengkapi teknologi Blue Core dan VVA membuat performanya menjadi lebih bertenaga.

Motor matic ini juga telah dilengkapi speedometer full digital dengan tampilan yang lebih modern dan informatif. Dengan teknologi Blue Core yang berpadu dengan sistem pembakaran injeksi, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan banyak bahan bakar.  

Rentang Harga: Rp 29,75 juta – Rp 32,26 juta


12. HONDA PCX 160

Mengusung konsep hybrid, motor matic terbaik ini memiliki dua jenis mesin dengan mesin konvensional yang mampu melepas 14,7 PS dan motor setrumnya menyumbang 1,4 kW. Meskipun tampil dengan gagah dan sporty, sayangnya segala fitur yang ditawarkan dirasa kurang cukup untuk menarik konsumen.

Oleh sebab itu, Honda menyematkan fitur Riding Mode yang tersedia dalam tiga pilihan. Di antaranya, yaitu Drive Mode, Sport Mode, dan Idling Mode.

Rentang Harga: Rp 30,35 juta – Rp 33,95 juta

 

13. VESPA PRIMAVERA

Vespa Primavera merupakan salah satu jagoan Vespa di Indonesia dengan harga menarik dan gengsi sebagai motor Eropa pun ada. Namun, kamu juga perlu merogoh kocek lebih untuk biaya perawatan agar tetap gaya dan tidak bikin malu. 

Biaya service yang cukup mahal biasanya terjadi saat kelipatan 20.000 km karena banyaknya komponen yang harus diganti. Apabila di total untuk biaya perawatan selama 3 tahun bisa mencapai 6 juta lebih untuk jasa dan suku cadang.

Rentang Harga: Rp 44,8 juta – Rp 47,3 juta

 

14. HONDA FORZA 250

Beralih pada motor matic 250cc terbaik, ada Honda Forza yang merupakan skuter bongsor pesaing sejati dari Yamaha XMax 250. Pihak Astra Honda Motor mengimpor motor ini dari Thailand langsung, tak heran apabila harganya melambung cukup tinggi hingga mencapai angka 80 juta.

Motor matic ini memiliki berbagai fitur seperti windshield yang bisa naik turun, dan sebagainya. Selain itu, dimensi Honda Forza juga lebih ringkas dari XMax sehingga motor ini sangat bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang ingin punya skuter besar.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 83,96 juta

 

15. YAMAHA XMAX 250

Berlanjut pada saingan Honda Forza, motor matic ini juga termasuk laris manis yang banyak diburu oleh pecinta otomotif tanah air karena menawarkan mesin bertenaga besar.

Dengan mesin 250cc ia mampu mengeluarkan tenaga sebesar 16,8 kW pada 7.000 rpm dan torsi mencapai 24,3 nm pada 5.500 rpm. Ia juga didesain dengan menawarkan posisi berkendara yang rileks dan nyaman.

Motor matic terbaik ini telah dilengkapi sistem pengereman ABS yang memberikan kontrol pengereman lebih maksimal, sehingga berkendara lebih aman.

Rentang Harga: Mulai dari 61,48 juta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar