HOME

Minggu, 21 Mei 2023

GEAR DAN FUNGSINYA

           Gir motor adalah salah satu komponen penting pada motor. Fungsi utamanya adalah untuk membantu menggerakkan bagian roda belakang. Selain itu, gir juga akan menghubungkan mesin motor dengan roda agar kendaraan melaju dengan cepat.

        Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis gir pada sepeda motor yang dapat dilihat dari ukurannya. Anda wajib mengenali fungsi, jenis, dan cara perawatan salah satu bagian penting motor ini. Berikut ulasan fungsi gir beserta hal terkait untuk Anda. 

  • SEBAGAI PENGGERAK RODA

            Fungsi utama gir pada motor memang sebagai penggerak roda, sama halnya pada sepeda. Pabrikan sudah merancang motor dengan sistem penggerak roda belakang yang membutuhkan media untuk menghubungkannya dengan roda depan. 

        Cara kerjanya yaitu dengan menggerakkan roda belakang motor yang tersambung pada gir. Kemudian tenaga yang dihasilkan akibat perputaran tersebut akan menjalankan kendaraan Anda dengan laju lebih cepat.

  • PENYEIMBANG RODA BELAKANG

        Penggerak roda belakang pada motor yang dilakukan oleh gir tersebut tidak lain untuk menyeimbangkan semua roda kendaraan saat mesin dihidupkan. Dengan begitu, saat motor berjalan akselerasinya akan seimbang dan berjalan dengan baik.

             Jika motor dalam posisi diam atau mati, bagian roda belakang berada dalam keadaan yang tidak lurus. Hal itu bisa dibuktikan jika Anda mendorong motor tanpa menghidupkan mesin, lajunya akan tersendat-sendat karena posisi semua roda tidak seimbang.

  • MENYALURKAN DAN MENGATUR PASOKAN TENAGA

        Gear set merupakan komponen yang bisa menghasilkan pasokan tenaga untuk kendaraan berakselerasi. Gear set mempunyai mata gir, yaitu gear depan (engine sprocket) dan gear belakang (rear sprocket). Bagian tersebut akan menghasilkan panjang pendeknya tenaga untuk jarak perpindahan. 

             Pabrikan sudah menghitung standar perbandingan kedua jenis mata gir tersebut. Caranya dengan membagi jumlah mata gir belakang dengan gir depan. Hasilnya akan menunjukkan gir standar untuk motor Anda, karena setiap motor umumnya memiliki gear set yang berbeda.

  • MENYALURKAN ENGINE BREAK

            Fungsi yang terakhir adalah untuk menyalurkan engine break. Gir motor akan melakukan tugasnya dalam menghasilkan tenaga seimbang untuk melewati medan-medan berat seperti perbukitan dan kontur turunan yang tajam.

          Dengan adanya gir motor, Anda bisa mengatur perpindahan gigi untuk mengerem sesuai kebutuhan. Pasalnya, menggunakan rem saja terkadang tidak cukup untuk memindah posisi gir untuk menahan laju motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar