HOME

Kamis, 21 Februari 2013

MODIFIKASI YANG PERLU KALIAN PERTIMBANGKAN!



Pada postingan kali ini, admin akan memberikan beberapa penjelasan mengenai part-part penting yang wajib untuk dipertimbangkan bagi sobat sebelum melakukan modifikasi untuk motornya. Kita semuanya tentu tahu bahwa apa yang dimaksud dengan modifikasi adalah kegiatan untuk merubah (menambah maupun mengurangi) beberapa part pada bagian motor kita, bisa per part atau bahkan keseluruhan yang biasanya sampai merobak kerangka body motor. Akan tetapi, modifikasi tidak boleh cuma menonjolkan kesan estetik, namun juga harus berguna bagi kita pengendara motor itu sendiri. Atas dasar itulah kemudian admin mencoba untuk membongkar informasi-informasi yang untuk mengetahui sebenarnya modifikasi apa yang bisa dikatakan "beneficial" atau menguntungkan bagi kita sebagai pengendaranya.

9. WINDSHIELD


Sebenarnya ini cukup untuk dijadikan opsi tambahan bagi kalian terutama yang sering melakukan perjalanan jauh atau bahkan yang sering melakukan touring. Windshield atau biasa kita sebut dengan visor ini ternyata cukup penting untuk dipertimbangkan sebagai salah satu komposisi modifikasi motor kita. Visor sendiri ternyata memiliki banyak jenis, ada yang kecil seperti pada motor sport, dan ada juga yang besar yang biasanya terdapat pada motor Harley-Davidson. Visor ini cukup memiliki fungsi yang tidak hanya keren bagi mata tapi juga berguna dalam berkendara, karena visor ini dapat menjadi 'tameng' dari aliran udara, akan tetapi penggunaan visor yang tidak dipasang dengan tepat dan benar malah dapat menghambat kita. Perlu diingat bahwa visor berwarna akan memberikan tampilan yang lebih kustom.

8. FENDER ELIMINATOR KIT


Bahan kustom satu ini biasanya sering kita temui dan digunakan pada sepeda motor tipe sport, sebut saja seperti Kawasaki Ninja, Honda CBR, Suzuki GSX, dan Yamaha R-series. Generasi muda sekarang, kebanyakan melakukan modifikasi kecil pertama dengan mengganti fender eliminator kit atau biasa kita sebut dengan spatbor. Cukup beralasan mengingat jika perhatikan body yang gagah dari motor sport sedikit terkurangi nilai estetiknya karena adanya spatbor orisinil yang terkesan besar dan sering dibilang tidak matching dengan bentukan motornya. Namun, juga menjadi catatan tersendiri mengingat lampu sein serta pemasangan plat nomor dipasang pada spatbor ini, sehingga harus dipertimbangkan lagi terkait dengan posisi dari part motor yang krusial tersebut. Pastikan untuk memeriksa peraturan yang berlaku sebelum memilih spatbor agar mendapatkan rasa aman dan andal. Serta pertimbangkan untuk memasangnya secara profesional oleh mekanik berpengalaman. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan kit eliminator spatbor terpasang dengan benar dan aman, dan tidak akan menimbulkan masalah di jalan terutama dengan pihak berwajib, ya!

7. FRAME SLIDER


Buat yang belum tahu, frame slider ini terbuat dari pipa aatu plat besi dan jalu slider yang dipasang pada rangka motor. Cirinya, dapat kita ketahui pada bagian motor disekitar rangka dan mesin dan cukup menonjol. Pada dasarnya, fram slider ini merupakan aksesoris yang berfungsi melindungi cover body atau fairing bagi jenis motor sport fairing. Karena bentuknya yang menonjol pada bagian sekitar mesing dan kerangka, tentu membuat kita paham apa sebenarnya fungsi dari barang satu ini, yakni menjaga bagian vital dari motor itu sendiri. Karena kegunaan inilah admin menyarankan kalian untuk mempertimbangkan bahan baku modif satu ini, disamping membuat motor lebih estetik juga membuat motor lebih safety. Tapi, sobat juga harus mempertimbangkan terkait bahan baku frame slider itu sendiri. Beberapa frame slider yang dijual terbuat dari plastik murah dan tidak banyak membantu melindungi sepeda motor.

6. HANDLEBAR RISERS


Yang satu ini tentu juga cukup familiar terutama bagi kalangan rider yang suka touring, yap peninggi stang setir biasa kita menyebutnya. Bahan modif satu ini cukup banyak digemari oleh para pecinta touring karena dengan menggunakannya posisi presisi antara pengendara dengan setir motor lebih kokoh dan pegangan terasa lebih kuat. Karena itulah bahan satu ini sangat cocok bagi kalian yang sangat suka dengan berkendara jarak jauh kendati kalian bukan anak touring sekalipun dan bahan satu ini wajib banget untuk dipertimbangkan yang hendak melakukan modifikasi motor.

5. AIR FILTER


Selanjutnya ada filter. Semua motor baru tentu sudah memiliki filter pabrikan yang memang sudah standar-nya. Filter udara yang ditingkatkan dapat melakukan keajaiban dalam membantu kinerja mesin sepeda motor. Filter udara yang layak membantu sistem pembuangan pada sepeda motor bernafas dan memungkinkan mesin untuk meningkatkan dan bekerja lebih baik. Sistem pembuangan yang berventilasi baik diperlukan untuk mengalirkan udara ekstra ke mesin sepeda motor dan membantunya bekerja pada tingkat yang optimal. 

4. LAMPU SEIN (TURN SIGNAL)

Yap, lampu sein, ini juga termasuk part motor yang sering banget dirombak oleh pecinta motor, ada yang mulai dihilangkan atau bahkan diganti dengan ukuran sesuai selera. Lampu sein standar biasanya memiliki bentuk yang menjorok keluar dan biasanya berada pada posisi tepat sebelah kanan dan kiri lampu utama. Bentuk dari lampu sein standar -khusunya motor naked sport- terkesan menonjol pada sepeda motor dapat menjadi bahaya jika terjadi kecelakaan, yang membuat kerusakan pada sepeda dan pengendara semakin parah.Karena alasan ini, banyak pemilik mengabaikan lampu sein standar dan memilih untuk memasang lampu sein khusus yang flat dengan sepeda motor dan tidak menonjol sama sekali. Dari kesan estetikanya kebanyakan menjadi alasan untuk menggantinya dengan jenis lampu sein yang lain, tidak menonjol namun tidak menyalahi aturan yang paling penting. Mungkin ini bisa menjadi pertimbangan buat kalian yang mau mengganti lampu sein, agar tidak hanya nampak kesan estetiknya namun juga maksimal manfaatnya.

3. ENGINE GUARDS


Pelindung mesin tidak diperlukan untuk semua jenis sepeda motor, tetapi direkomendasikan untuk sepeda motor touring yang lebih besar dan sepeda motor untuk kendaraan jelajah. Pelindung mesin ini menjadi konsiderasi buat kalian yang pingin ngebuat naked sport motor kalian jadi nampak keliatan gagah dan tentunya kegunaannya juga dapat dirasakan bagi motor kalian.

2. SUSPENSION


Kalau kalian pengen merasakan performa yang optimal dari motor anda serta responsibilitas terhadap penyebaran berat badan kalian pada motor, maka kalian harus mempertimbangkan untuk melakukan modifikasi pada bagian suspensi. Perlu di ingat bahwa karakteristik suspensi pada motor itu berbeda dengan suspensi pada kendaraan lain, seperti mobil, ataupun bajaj. Perbedaan ini terdapat pada beban sebelum ditambah dengan pengendara yang dimiliki masing-masing kendaraan. Karena ukuran motor, rasio beban yang diterima oleh suspensi jauh lebih besar ketimbanga pada kendaraan mobil yang memiliki suspensi lebih banyak dan pemerataan beban lebih optimal. Untuk alasan ini, penting untuk menyetel suspensi dengan benar untuk berat dan ukuran keseluruhan. Modifikasi suspensi yang dilakukan secara profesional dapat memberikan keuntungan berupa handling yang lebih mantab, responsibilitas, serta pengereman, dan kualitas pengendaraan sepeda motor secara keseluruhan.

1. RODA DAN BAN


Dan yang terakhir adalah roda atau ban. Part satu ini juga sering dilakukan modifikasi oleh pengguna motor, entah diganti dimensi rodanya, penggantian ban sesuai medan didaerah sekitar atau bahkan yang paling ekstrem diganti dengan 'ban cacing' yang sering digunakan untuk balapan drag liar. Yang pasti, admin cukup merekomendasikan kalian untuk melakukan modifikasi pada bagian satu ini, mengapa? karena kebutuhan kendaraan bermotor khususnya roda dua tidak hanya setelah beli langsung pakai, namun juga harus memikirkan kondisi medan, cuaca, dan untuk apa motor tersebut. Semisal didaerah pegunungan tentu akan mengganti ban untuk kondisi dirt dan basah, kemudian jika diperkotaan akan menggantinya dengan motif 'batik' yang lebih banyak agar kondisi ban lebih tahan lama.


Oke, itu aja yang bisa admin sampaikan pada postingan kali ini, semoga beberapa part yang sudah admin sebutkan dapat menggugah kalian semua para pecinta motor untuk melakukan modifikasi yang tidak hanya mengedepankan tampilan saja tetapi juga kegunaan serta keselamatan dalam berkendara~


-END-

1 komentar: