HOME

Minggu, 24 Februari 2013

CARA MENGATASI LAMPU DEPAN SEPEDA MOTOR REDUP



Kurang sempurna rasanya apabila sewaktu kita berkendaraan pada malam hari, namun pencahayaan dari lampu depan sepeda motor kita kurang baik atau dengan kata lain redup. Apalagi kalau sedang berkendaraan pada malam hari dan turun hujan pula. Hal ini bisa mengakibatkan bahaya yang fatal karena penglihatan kita menjadi kurang awas untuk melihat jalan berlubang atau melihat kenderaan lain di depan kita.


Untuk mengatasi masalah pencahayaan pada lampu depan sepeda motor kita, sebelumnya harus kita ketahui dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Penyebab yang utamanya adalah pada aki atau baterai sepeda motor kita. Hal ini ditandai dengan tidak berfungsinya instrumen-instrumen lainnya, semisal klakson, dimana suara klakson tidak senyaring seperti biasanya. Ini berarti aki bermasalah. Masalah yang terjadi pada aki sepeda motor ada banyak penyebabnya, misal tidak berfungsinya sistem recharge pada aki, atau ada kabel yang berhubungan dengan sistem recharge pada aki rusak, atau aki itu sendiri sudah rusak dikarenakan kurang perawatan sehingga umurnya pendek.

Untuk itu ada baiknya periksa aki terlebih dahulu.

Akan tetapi apabila kita tahu betul bahwa tidak ada masalah dengan aki atau baterai, namun lampu depan sepeda motor kita masih tetap saja redup, maka ada baiknya kita periksa kabel yang berhubungan dengan lampu depan sepeda motor kita. Hal ini pernah dialami oleh penulis sendiri dimana lampu depan sepeda motor Vega R 2004 milik penulis redup. Setelah diotak-atik di sana sini penulis menyadari ada yang ganjil pada lampu panel dashboardnya, yaitu jika dinyalakan lampu jauh, lampu panel dashboardnya menyala terang. Namun jika dinyalakan lampu dekat, lampu panel di dashboardnya juga menyala namun redup. Hal ini penulis sadari kalau hal ini tidak biasanya pada sepeda motor penulis karena lampu panel menyala terang jika lampu jauh hidup dan lampu panel mati kalau dinyalakan lampu dekat. Untuk itu penulis mengganti dudukan lampu depannya dengan yang baru akan tetapi hal ini tidak menyelesaikan masalah.

Sehingga penulis mencari jawaban ke sana sini melalui internet dan akhirnya menemukan kesimpulan yaitu arus yang melalui suatu kabel dan melewati beban yang dalam hal ini bola lampu akan berfungsi apabila tersalur kembali ke ground atau body sepeda motor. Jadi karena lampu depan masih menyala walaupun redup maka penulis berkesimpulan bahwa kabel dari baterai masih baik. Untuk itu difokuskan pada kabel yang menuju ground atau body. 

Kabel yang menuju ke ground atau body sepeda motor penulis ditandai dengan warna hitam, walaupun mungkin untuk merk sepeda motor lain berbeda warna. Muara ground pada sepeda motor penulis terletak didekat spul pengapian busi. Setelah penulis memeriksa kabel tersebut, penulis dapati kalau tembaga kabel tersebut mengalami korosi yang ditandai dengan menghitamnya tembaga yang biasanya berwarna kuning. Melihat hal tersebut penulis merasa yakin kalau kabel tersebut harus diganti.

Setelah proses penggantian kabel tersebut penulis lakukan, kemudian penulis melakukan tes dengan menghidupkan lampu jauh dan lampu dekat, akhirnya lampu panel yang sebelumnya menyala redup saat lampu dekat dinyalakan kini tidak lagi menyala dan cahaya lampu depan penulis kembali terang baik saat lampu jauh dinyalakan maupun pada saat lampu dekat. 

END

1 komentar: