Untuk menghindari kopling selip, biasanya mekanik menyarankan untuk mengganti
salah satu dari kedua komponen (kampas dan per kopling) pakai produk
yang performanya lebih tinggi dari bawaan motor. Bahkan kalau bisa
sekalian dua-duanya diganti.
Misal, per diganti yang tegangannya lebih keras dari standar. Dengan
sasaran agar dorongannya pada pelat penekan rumah kopling lebih kuat.
Sehingga cengkraman pelat gerek terhadap kampas kopling lebih menggigit.
Alhasil saat gas dibejek untuk berakselerasi, risiko terjadinya power
lost akibat kopling selip bisa diminimalkan.
Lalu kampas kopling, biasanya dipilih yang bahan kampasnya lebih kuat
mencengkram pelat gesek. Sehingga tidak mudah selip. Namun pemakaian
kedua part ini punya konsekuensi juga lo!
Biasanya kampas kopling racing menganut bahan lebih lembut. Sehingga
lebih cepat habis ketimbang standarnya. Sedang per kopling aftermarket
yang umumnya lebih keras dari standar, akan membuat angkatan kopling
jadi sedikit lebih keras.
Untuk motor penganut kopling manual, buat yang belum terbiasa akan
membuat tangan cepat pegel. Solusinya, sebaiknya diskusi ke mekanik
berpengalaman tentang per kopling racing yang cocok alias gak megelin
buat motor harian.
Di pasaran, kampas dan perkopling racing tersedia TDR, CLD, TK, Daytona,
Kitaco dan Kawahara. Harga juga bervariatif, dari Rp 88-250 ribuan.
Sedang untuk per kopling dibanderol Rp 70-250 ribuan/set.
CARA PASANG
Pasangnya? “Mudah kok kalo dikerjakan sendiri yang penting paham langkahnya”
Oke, untuk prakteknya kita coba di Yamaha Jupiter Z 2008.
- Pertama, tap atau keluarkan oli mesin dengan membuka baut pembuangan oli pakai kunci 14 mm (gbr.1). Lalu buka baut kick starter dengan kunci 10 mm dan gunakan kunci ring 12 mm untuk membuka 4 baut footstep di kolong mesin.
- Lalu, buka semua baut bak kanan mesin sebelah kanan pakai kunci T8 (gbr.2) diikuti menarik keluar bak itu secara perlahan. Dari sini, akan terlihat rumah kampas kopling dan perangkat lainnya.
- Lanjutkan buka 4 baut penahan per kopling dengan kunci T10 secara menyilang dan perlahan (gbr.3). Awas, per kopling loncat! Cukup sampai di sini bagi yang hanya mau ganti per koplingnya saja.
- Nah buat yang mau sekalian ganti kampas kopling, lanjut buka baut bandul dekat rumah kampas kopling pakai kunci T8 (gbr.4).
- Lepas baut tengah rumah kopling pake kunci ring 17mm (gbr.5) dan juga baut bandul dengan kunci ring 14 mm. Kalo sudah lepas dari posisinya, tinggal memasang kampas kopling racing tadi ke rumah kopling dengan pelat gesek secara bergantian.
- Selesai? Sek`rang rakit lagi seperti semula. Saat memasang rumah kopling dan bandulnya usahakan secara bersamaan, agar lebih mudah memasukkannya.
Mantab gan!! Semangat teros
BalasHapus